PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANJANG P4 PADA MATERI PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR

NIMAS WINA LESTARI, WINA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANJANG P4 PADA MATERI PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM BALITAR.

[thumbnail of file ini berisi mengenai abstrak] Text (file ini berisi mengenai abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of file ini berisi abstract] Text (file ini berisi abstract)
ABSTRACT.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of File ini berisi cover- kata pengantar] Text (File ini berisi cover- kata pengantar)
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of file ini berisi daftar isi] Text (file ini berisi daftar isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of file ini berisi bab 1] Text (file ini berisi bab 1)
BAB I.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of file ini berisi bab 2] Text (file ini berisi bab 2)
BAB II.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of file ini berisi bab 3] Text (file ini berisi bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of file ini berisi bab 4] Text (file ini berisi bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of file ini berisi bab 5] Text (file ini berisi bab 5)
BAB V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of bab ini berisi daftar pustaka] Text (bab ini berisi daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NIMAS WINA LESTARI LENGKAP.pdf] Text
SKRIPSI NIMAS WINA LESTARI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lestari, Nimas, Wina. 2024. Pengunaan model pembelajaran yang tepat seperti Problem Based Learning berbantuan Keranjang P4 memiliki dampak pada peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Balitar, Pembimbing: (1) Eva Nurul Malahayati, M.Pd. (2) Sripit Widiastuti, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: model problem based learning, keranjang P4, hasil belajar kognitif.

Rendahnya kemampuan matematika pelajar Indonesia ditunjukkan oleh skor PISA 2022 yang hanya mencapai 366 poin, artinya peserta didik hanya dapat menjawab pertanyaan matematika sederhana. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada bulan April 2023 di SDN Kanigoro 03 menunujukkan bahwa sebagian besar peserta didik kelas 3 menghadapi kesulitan dalam memahami hubungan antara konsep perkalian dengan situasi dunia nyata dan pemahaman dasar operasi hitung. Di samping itu, saat melakukan wawancara, guru menyatakan bahwa adanya permasalahan terkait konsentrasi dan motivasi belajar yang berdampak terhadap pemahaman konsep matematika. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media Keranjang P4 diterapkan dalam pembelajaran perkalian dan mengidentifikasi pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik kelas 3 secara kognitif.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Non-Equivalent Control Group. Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh model PBL berbantuan media Keranjang P4 terhadap hasil belajar dua kelompok peserta didik, yakni kelas IIIA sebagai kelompok kontrol dan IIIB sebagai kelompok eksperimen. Peserta didik diberikan Pretest, perlakuan, dan Posttest selama tiga pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup formulir pengamatan pelaksanaan dan tes untuk mengevaluasi pencapaian belajar peserta didik.
Hasil penelitian ini adalah bantuan media Keranjang P4 secara signifikan meningkatkan tingkat pemahaman peserta didik dalam pembelajaran perkalian di kelas III. Selain itu, model PBL juga efektif dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian serta pemahaman konsep secara keseluruhan. Merefleksikan selama proses pembelajaran dapat membantu untuk mengenali dan menyelesaikan berbagai kendala, seperti manajemen kelas yang kurang efektif dan rendahnya motivasi siswa. Menggunakan media Keranjang P4 dapat membantu peserta didik dalam visualisasi konsep perkalian, sehingga mempermudah pemahaman dan meningkatkan keterlibatan aktif mereka. Menurut analisis N-Gain Score, hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 55,59%, yang masuk dalam kategori sedang. Selain itu, ditemukan perbedaan signifikan antara nilai Pretest dan Posttest pada kedua kelompok berdasarkan hasil uji Paired Samples t-test dengan nilai probabilitas (Sig.) < 0,05. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dengan media Keranjang P4 berdampak besar terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dibandingkan metode pembelajaran tradisional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar > Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nimas Wina Lestari
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:54
Last Modified: 03 Oct 2024 07:58
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item
View Item