Alansyah, Isnaini Aprodita Putri (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME LABADA (BELAJAR BANGUN DATAR) DALAM METODE TGT TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Balitar.
COVER.pdf
Download (111kB)
ABSTRAK.pdf
Download (141kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (118kB)
BAB I.pdf
Download (205kB)
BAB II.pdf
Download (355kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (635kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (908kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (127kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Isnaini Aprodita - SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menjelaskan pengaruh penggunaan media game LABADA dalam metode TGT terhadap peningkatan minat belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar, 2) menjelaskan pengaruh penggunaan media game LABADA dalam metode TGT terhadap peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar, 3) menjelaskan pengaruh penggunaan media game LABADA dalam metode TGT terhadap peningkatan minat dan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu pretest-posttest non-equivalent control group design.
Hasil Uji T variabel X terhadap Y1 diperoleh nilai t hitung 2.142 > t tabel 2.056 dan nilai Sig. 0,042 < 0,05. Hasil Uji T variabel X terhadap Y2 diperoleh nilai t hitung 2.413 > t tabel 2.056 dengan nilai Sig. 0,023 < 0,05. Hasil uji manova diperoleh f hitung minat 22.863 > f tabel 4.21 dengan Sig. 0,000 < 0,05, dan f hitung hasil 84.419 > f tabel 4.21 dengan Sig. 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa : 1) penggunaan media game LABADA dalam metode TGT berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas V sekolah dasar, 2) penggunaan media game LABADA dalam metode TGT berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar, 3) penggunaan media game LABADA dalam metode TGT berpengaruh secara simulatan terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.
Kata Kunci : minat belajar, hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar > Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Isnaini Aprodita Putri Alansyah |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:53 |
URI: | https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/460 |