PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME LABADA (BELAJAR BANGUN DATAR) DALAM METODE TGT TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Alansyah, Isnaini Aprodita Putri (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME LABADA (BELAJAR BANGUN DATAR) DALAM METODE TGT TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Balitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isnaini Aprodita - SKRIPSI FULL.pdf] Text
Isnaini Aprodita - SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menjelaskan pengaruh penggunaan media game LABADA dalam metode TGT terhadap peningkatan minat belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar, 2) menjelaskan pengaruh penggunaan media game LABADA dalam metode TGT terhadap peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar, 3) menjelaskan pengaruh penggunaan media game LABADA dalam metode TGT terhadap peningkatan minat dan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu pretest-posttest non-equivalent control group design.
Hasil Uji T variabel X terhadap Y1 diperoleh nilai t hitung 2.142 > t tabel 2.056 dan nilai Sig. 0,042 < 0,05. Hasil Uji T variabel X terhadap Y2 diperoleh nilai t hitung 2.413 > t tabel 2.056 dengan nilai Sig. 0,023 < 0,05. Hasil uji manova diperoleh f hitung minat 22.863 > f tabel 4.21 dengan Sig. 0,000 < 0,05, dan f hitung hasil 84.419 > f tabel 4.21 dengan Sig. 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa : 1) penggunaan media game LABADA dalam metode TGT berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas V sekolah dasar, 2) penggunaan media game LABADA dalam metode TGT berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar, 3) penggunaan media game LABADA dalam metode TGT berpengaruh secara simulatan terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci : minat belajar, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar > Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Isnaini Aprodita Putri Alansyah
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:53
Last Modified: 01 Oct 2024 02:53
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item
View Item