PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG INTERAKTIF (WATIF) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sari, Ratna (2024) PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG INTERAKTIF (WATIF) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Balitar.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI RATNA FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI RATNA FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of CEK TURNITIN RATNA.pdf] Text
CEK TURNITIN RATNA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media wayang interaktif(WATIF) sebagai sarana pembelajaran Bahasa Jawa bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini berakar pada rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap Bahasa Jawa, khususnya dalam materi pewayangan. Melalui pengembangan media yang menarik dan interaktif, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah pemahaman mereka mengenai tokohtokoh wayang dan nilai-nilai budaya Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development(R&D) dengan mengikuti sembilan tahap yang ditentukan oleh Sugiyono. Proses
ini mencakup identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba penggunaan, revisi produk, dan evaluasi. Instrumen yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi angket untuk ahli materi, media, dan
bahasa, serta pedoman observasi dan wawancara untuk mengumpulkan feedback dari siswa dan guru mengenai keterbacaan media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media wayang interaktif yang dikembangkan memperoleh penilaian sangat layak dari validator dengan persentase 100%. Uji coba keterbacaan juga menunjukkan hasil yang positif, dengan siswa dan guru memberikan respons yang baik terhadap media ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media animasi wayang interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa Jawa,
serta dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar > Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ratna Sari
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:38
Last Modified: 18 Dec 2024 01:38
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item
View Item