Adimas, Adimas Surya Minata (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU QR CODE PADA MATERI PENGUKURAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.
COVER.pdf
Download (516kB)
ABSTRAK.pdf
Download (164kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (104kB)
BAB I.pdf
Download (207kB)
BAB II.pdf
Download (485kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (632kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (841kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (23kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (111kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (7MB)
SKRIPSI ADIMAS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu QR Code pada materi pengukuran terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimental. Metode pre test- post test non equivalent control-group design. Jenis data yang diambil lembar keterlaksanaan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan soal essay. Teknik analisis data menggunakan uji anacova SPSS 18. Hasil perhitungan nilai beta intercept sebesar 56,124 sedangkan nilai beta pre-test berpikir kreatif sebesar 0,269 sehingga didapatkan hubungan positif dengan pengaruh kecil. Sedangkan pada perhitungan parameter estimasi intercept dan pre-test hasil belajar diketahui nilai beta intercept sebesar 67,885 sedangkan nilai beta pre-test hasil belajar sebesar -0,025. Maka pada perhitungan parameter estimasi berhubungan negatif dengan pengaruh kecil. Hasil perhitungan nilai intercept hasil belajar dan berpikir kreatif sama-sama menunjukan signifikansi 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif karena nilai x dan nilai y sama-sama naik maupun turun. Sedangkan pada hasil belajar berpengaruh negatif karena antara nilai x dan nilai y terdapat perbedaan naik dan turun pada hasil nilai sehingga dapat diterapkan di sekolah. Model pembelajaran Problem Based Learning berbantu QR Code dapat diimplementasikan secara meluas dalam kegiatan pembelajaran, selain itu model pembelajaran Problem Based Learning dapat dipadukan selain menggunakan barcode.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar > Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Adimas Surya Minata |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 01:59 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 01:59 |
URI: | https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/835 |