PENGEMBANGAN MEDIA KIT KEBHINNEKAAN UNTUK PEMBELAJARAN PPKn

Khusnul Imroatus Sholikah, Khusnul and Arik Cahyani, Arik and Ida Putri Rarasati, Ida (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KIT KEBHINNEKAAN UNTUK PEMBELAJARAN PPKn. Indonesian journal of education and development research, 2 (1): 1. pp. 24-40. ISSN 3025-2393

[thumbnail of Arik_PENGEMBANGAN KIT KEBHINNEKAAN.pdf] Text
Arik_PENGEMBANGAN KIT KEBHINNEKAAN.pdf

Download (977kB)
[thumbnail of turnitin Pengembangan media kit kebhinekaan untuk pembelajaran ppkn.pdf] Text
turnitin Pengembangan media kit kebhinekaan untuk pembelajaran ppkn.pdf

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana atau alat bagi guru yang digunakan untuk menyampaikan
informasi berupa materi pembelajaran kepada siswa yang terdiri dari buku, film maupun video.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru PPKn terdapat beberapa kendala yang dialami seperti siswa yang pasif kurang memperhatikan materi yang telah disampaikan, bersikap acuh dan bergurau. Selain itu, kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru karena adanya keterbatasan dalam sarana pembelajaran. Berdasarkan hasil penyebaran angket analisis kebutuhan siswa menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik menggunakan media pembelajaran berbasis android dan siswa kurang memahami materi pembelajaran pada materi Bhinneka Tunggal Ika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media Kit Kebhinnekaan pada pelajaran PPKn kelas X dan mengetahui keterbacaan guru terhadap media Kit Kebhinnekaan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan 7 tahap menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif. Subyek penelitian adalah guru PPKn dan siswa kelas X di SMAN 1 Kota Blitar tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dan wawancara. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbentuk kartu terdapat kode barcode yang dapat diakses oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji keterbacaan siswa sebanyak 85,8% dan uji keterbacaan guru sebanyak 86,6% termasuk dalam rentang >81% dengan kriteria “sangat baik”, artinya media pembelajaran Kit sudah mencapai kriteria dapat terbaca dan dapat digunakan untuk pembelajaran PPKn.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Arik Cahyani
Date Deposited: 07 May 2024 06:36
Last Modified: 07 May 2024 06:36
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item
View Item