WULANDARI, CANTHIKA RESTU (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEMBAGIAN (APEM) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.
COVER.pdf
Download (498kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (68kB)
Abstract.pdf
Download (354kB)
BAB 1.pdf
Download (437kB)
BAB 2.pdf
Download (541kB)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (840kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (400kB)
lampiran.pdf
Download (10MB)
SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan matematika siswa Indonesia, seperti yang terlihat darı hasil PISA 2022 yang menunjukkan skor rata-rata 366, jauh di bawah rata-rata OECD. Observasi di tiga sekolah dasar di Blitar, yakni SDN Kepanjen Lor 03, SDN Sentul 02, dan SDN Kepanjen Kidul 02, menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada benda konkret, dengan sedikit pemanfaatan teknologi digital. Berdasarkan wawancara dengan guru, kendala utama dalam penggunaan teknologi adalah keterbatasan perangkat dan dukungan orang tua. Olch karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Aplikasi Pembagian (APEM) terhadap minat dan hasıl belajar siswa kelas III pada materi pembagian, serta mengidentifikasi hambatan dalam penerapan media pembelajaran berbasis digital di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental semu (quasi-experimental) dan desain Pretest-Posttest
Nonequivalent Control Group Penelitian dilakukan di UPT SD Negeri Kepanjen Kidul 02 Blitar selama Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024 Populasi penelitian melibatkan 44 siswa kelas III A dan B. masing-masing berjumlah 22 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model PBI berbantu Aplikası Pembagian (APEM) dalam pembelajaran, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran PBL tanpa media APEM. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur hasıl belajar, serta angket untuk mengukur minat belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan APEM secara signifikan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Siswa yang menggunakan APEM memiliki pemahaman yang lebih baik dan menunjukkan skor posttest yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model PBL tanpa media. Meskipun ada tantangan dalam penerapan APEM, seperti keterbatasan perangkat, penggunaan aplikasi ini juga mendorong kerjasama dan komunikasi antara siswa. Uji statistik menunjukkan bahwa data yang diperoleh memenuhi uji normalitas dan homogenitas, yang mendukung validitas temuan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar > Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Canthika Restu Wulandari |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:29 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:30 |
URI: | https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/693 |