PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI VIDEO SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Maladina, Vebriana Ayu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI VIDEO SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB III-1.pdf] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf] Text
SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen, dengan desain penelitian quasi experiment design. Eksperimen ini diukur menggunakan pre-test yang diberikan sebelum perlakuan dan post-test yang diberikan setelah perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN Kanigoro 04. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi video simulasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas IV sekolah dasar. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 18 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa soal isian, tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran model. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Ancova dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis Ancova untuk kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa diperoleh nilai sig 0,00 < 0,05. Dengan demikian yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perbedaan perlakuan pada model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi video simulasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar > Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Vebriana Ayu Maladina
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:56
Last Modified: 16 Oct 2024 01:56
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item
View Item