PERBEDAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SD

Rahmah, Marisa Silvia (2024) PERBEDAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SD. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of LAMPIRANN.pdf] Text
LAMPIRANN.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARISA SILVIA RAHMAH.pdf] Text
SKRIPSI MARISA SILVIA RAHMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui
penggunakan model Project Based Learning berbantuan media flip chart pada
mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD. (2) Untuk mengetahui
perbedaan model Project Based Learning (PJBL) berbantuan media flip Chart
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran
Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif dengan eksperimen semu dengan menggunakan desain
pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kanigoro 03
dengan jumlah populasi 47 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas
eksperimen dengan jumlah 24 siswa dan kelas kontrol 23 siswa. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir
kreatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji Mann Whitney
dengan hasil yang diperoleh yaitu <0.05. Maka hipotesis diterima yang artinya
terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Project
Based Learning dengan berbantuan media flip chart terhadap kemampuan
berpikir kreatif siswa kelas IV SD Negeri Kanigoro 03.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar > Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Marisa Silvia Rahmah
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:48
Last Modified: 15 Oct 2024 02:48
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item
View Item