Maharani, Dinda Poppy (2024) KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BLITAR. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (625kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI .pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI .pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (252kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (208kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (922kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (137kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of JURNAL.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JURNAL.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of JURNAL TURNITIN.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JURNAL TURNITIN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kinerja pegawai merupakan kunci utama keberhasilan pelayanan di sebuah instansi, karena pegawai berperan sebagai perencana dan pengelola seluruh aktivitas pelayanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kinerja pegawai serta kendala dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar dilihat dari segi 1) Kualitas kerja dilakukan dengan memberikan kejelasan peran kepada bagian pelayanan pencatatan sipil dengan pemilihan pegawai yang benar-benar kompeten, 2) Kuantitas kerja dilakukan dengan memenuhi target yang ditentukan, melakukan pelayanan tanpa ada batasan jumlah, dan rata-rata permohonan dalam satu hari kerja berjumlah 30 dari kesuluruhan tempat layanan, 3) Ketepatan waktu masih belum bisa berjalan baik karena pegawai belum bisa memberikan kepastian waktu mengenai kapan waktu dokumen terbit, 4) Efektivitas sudah berjalan baik ditinjau dengan pemanfaatan aplikasi (lapaksarah, SIAK, ESiap) dan pegawai mampu menciptakan strategi penyelesaian masalah dengan baik, 5) Kemandirian pegawai ditunjukkan para pegawai dengan mampu bekerja sesuai dengan tugas dan wewenangnya tanpa membutuhkan bantuan dari pegawai lain serta mempunyai inisiatif yang tinggi dalam proses pelayanan, 6) Keandalan para pegawai belum berjalan baik karena masih terjadi kesalahan dalam penulisan huruf dan ejaan pada nama, akan tetapi mereka mampu memberikan solusi memperbaikinya dengan cara memprosesnya kembali, 7) Ketanggapan para pegawai sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan pelayanan yang cepat tanggap dan tersedianya media pengaduan bagi para pemohon, 8) Jaminan yang diberikan pegawai berupa pelayanan gratis dengan tanggungjawab yang tinggi hingga menciptakan rasa percaya masyarakat, 9) Empati para pegawai cukup baik dibuktikan dengan sikap ramah, sopan, dan tidak diskriminatif serta dapat merespons permintaan masyarakat dengan baik, 10) Dari segi berwujud, masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki. Para pegawai menginginkan tata ruang kerja yang lebih baik untuk menciptakan pelayanan yang nyaman, sementara masyarakat menginginkan adanya petugas di tempat parkir agar kendaraan roda dua bisa tertata rapi, sehingga memudahkan pegawai untuk keluar masuk tempat parkir.
Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Pelayanan, Akta Kelahiran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Administrasi Negara > Ilmu Administrasi Niaga FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Administrasi Niaga |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Administrasi Negara > Skripsi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Dinda Poppy Maharani |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 05:02 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 05:02 |
URI: | https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/433 |