KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BLITAR

Maharani, Dinda Poppy (2024) KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BLITAR. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI .pdf] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf] Text
SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of JURNAL TURNITIN.pdf] Text
JURNAL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kinerja pegawai merupakan kunci utama keberhasilan pelayanan di sebuah instansi, karena pegawai berperan sebagai perencana dan pengelola seluruh aktivitas pelayanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kinerja pegawai serta kendala dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar dilihat dari segi 1) Kualitas kerja dilakukan dengan memberikan kejelasan peran kepada bagian pelayanan pencatatan sipil dengan pemilihan pegawai yang benar-benar kompeten, 2) Kuantitas kerja dilakukan dengan memenuhi target yang ditentukan, melakukan pelayanan tanpa ada batasan jumlah, dan rata-rata permohonan dalam satu hari kerja berjumlah 30 dari kesuluruhan tempat layanan, 3) Ketepatan waktu masih belum bisa berjalan baik karena pegawai belum bisa memberikan kepastian waktu mengenai kapan waktu dokumen terbit, 4) Efektivitas sudah berjalan baik ditinjau dengan pemanfaatan aplikasi (lapaksarah, SIAK, ESiap) dan pegawai mampu menciptakan strategi penyelesaian masalah dengan baik, 5) Kemandirian pegawai ditunjukkan para pegawai dengan mampu bekerja sesuai dengan tugas dan wewenangnya tanpa membutuhkan bantuan dari pegawai lain serta mempunyai inisiatif yang tinggi dalam proses pelayanan, 6) Keandalan para pegawai belum berjalan baik karena masih terjadi kesalahan dalam penulisan huruf dan ejaan pada nama, akan tetapi mereka mampu memberikan solusi memperbaikinya dengan cara memprosesnya kembali, 7) Ketanggapan para pegawai sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan pelayanan yang cepat tanggap dan tersedianya media pengaduan bagi para pemohon, 8) Jaminan yang diberikan pegawai berupa pelayanan gratis dengan tanggungjawab yang tinggi hingga menciptakan rasa percaya masyarakat, 9) Empati para pegawai cukup baik dibuktikan dengan sikap ramah, sopan, dan tidak diskriminatif serta dapat merespons permintaan masyarakat dengan baik, 10) Dari segi berwujud, masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki. Para pegawai menginginkan tata ruang kerja yang lebih baik untuk menciptakan pelayanan yang nyaman, sementara masyarakat menginginkan adanya petugas di tempat parkir agar kendaraan roda dua bisa tertata rapi, sehingga memudahkan pegawai untuk keluar masuk tempat parkir.
Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Pelayanan, Akta Kelahiran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Administrasi Negara > Ilmu Administrasi Niaga
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Administrasi Niaga
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Administrasi Negara > Skripsi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Dinda Poppy Maharani
Date Deposited: 30 Sep 2024 05:02
Last Modified: 30 Sep 2024 05:02
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item
View Item