Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Astutik, Riasti (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Blitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap aktvitas dan hasil belajar IPAS Kelas V UPT SDN 02 Pakunden, kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi eksperimen dan desain posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V UPT SDN 02 Pakunden. Sampel yang digunakan pada penelitian yaitu kelas VB yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VA yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas control. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, angket untuk mengetahui aktivitas belajar dan tes berjumlah 25 soal untuk mengetahui hasil belajar IPAS.
Hasil observasi yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model CRH berjalan sesuai dengan modul ajar yang telah disusun. Hasil angket aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control dengan nilai 92,8% untuk kelas eksperimen dengan kategori sangat aktif dan 60% untuk kelas control dengan kategori cukup aktif. Berdasarkan hasil belajar IPAS masing-masing kelas menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi sebesar 88,68 dan rata-rata kelas control sebesar 72,48.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji manova menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CRH berbantuan aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar IPAS kelas V UPT SDN 02 Pakunden.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riasti Astutik
Date Deposited: 30 Sep 2024 05:01
Last Modified: 30 Sep 2024 05:01
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item
View Item