Fauzi, Adin and Baihaqi, Muhammad Iqbal (2021) STUDI NARATIF KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI. Prosiding Seminar Nasional Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, 1. pp. 1-19. ISSN 2807-5765
![[thumbnail of STUDI NARATIF KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
STUDI NARATIF KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Cek Plagiasi_STUDI NARATIF KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cek Plagiasi_STUDI NARATIF KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daring dengan memfokuskan pada motif keterlibatan orang tua, aktivitas orang tua, dan hambatan yang dialami orang tua saat pembelajaran daring berlangsung pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menerapkan desain naratif untuk mengeksplorasi pengalaman para orang tua yang terlibat aktif dalam pembelajaran daring. Dari beberapa jenis desain penelitian naratif, penelitian ini mengadopsi desain personal experience story. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara semi terstruktur yang melibatkan 5 orang tua dari sebuah Madrasah Ibtidaiyah. Data hasil wawancara kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan serta melakukan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif yang mendasari keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daring adalah tanggung jawab orang tua, kondisi pandemi, dan keyakinan serta aspirasi orang tua terhadap pendidikan anak. Aktivitas orang tua selama pembelajaran daring adalah memfasilitasi pengerjaan tugas, memberikan bahan belajar tambahan, dan memotivasi anak untuk belajar. Adapun hambatan yang dialami orang tua antara lain rendahnya motivasi belajar anak, kesulitan dalam memahami pelajaran, dan kendala-kendala teknis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | S.Pd.I,MPd Adin Fauzi |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 02:23 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 02:23 |
URI: | https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/1025 |