Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidika Pancasila Siswa Kelas X SMA 3 Kota Blitar

Septiawan Sheva Putra Prasetyo, Septiawan Sheva (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidika Pancasila Siswa Kelas X SMA 3 Kota Blitar. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Lembar Persetujuan .pdf] Text
Lembar Persetujuan .pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Keaslian Tulisan.pdf] Text
Keaslian Tulisan.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X SMA Negeri 3 Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre-test and post-test. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen menerapkan model pembelajaran TGT, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar dan dianalisis menggunakan uji statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model TGT efektif digunakan sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Minat Belajar, Pendidikan Pancasila, Pembelajaran Kooperatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan > Skripsi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Septiawan Sheva Putra Prasetyo
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:16
Last Modified: 14 Nov 2024 01:42
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item
View Item