Trisnawan, Tomi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID “POHON KEBHINEKAAN” UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X SMA SEMESTER GENAP. Other thesis, Universitas Islam Balitar Blitar.
COVER_TOMI.pdf
Download (412kB) | Preview
DAFTAR ISI_TOMI.pdf
Download (430kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (270kB) | Preview
ABSTRAK_TOMI.pdf
Download (120kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (291kB) | Preview
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (841kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (113kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Download (3MB) | Preview
SKRIPSI FULL HALAMAN_TOMI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Cek Plagiasi.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Trisnawan, Tomi. 2024. Pengembangan Media Berbasis Android “Pohon Kebhinekaan” untuk Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Semester Genap. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Balitar. Pembimbing: (1) M. Iqbal Baihaqi S.Pd., M.Pd., (II) Arik Cahyani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Pendidikan, Kurikulum, Media Pembelajaran.
Pendidikan adalah usaha untuk meningkatkan kualitas hidup serta mengubah perilaku baik secara individu maupun kelompok dengan cara pengajaran dan bimbingan. Pendidikan berakitan dengan kurikulum. Kurikulum memiliki peran penting bagi seluruh tingkatan pendidikan sebagai indikator tercapainya tujuan dalam pendidikan dan mengembangkan kemampuan peserta didik. Media merupakan sarana untuk memudahkan guru dalam menyampaikan suatu informasi kepada peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara guru di SMAN 1 Kota Blitar, SMAN 3 Kota Blitar dan SMAN 4 Kota Blitar ditemukan permasalahan yaitu adanya peserta didik kurang aktif. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran “Pohon Kebhinekaan”.
Peneliti menggunakan Research and Development (RnD) menurut Sugiyono dan penelitian dibatasi sampai pada tahap ke tujuh menggunakan pendeketan deskriptif kuntitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMAN 1 Blitar tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil presentase dari 9 validator diantaranya 3 validator ahli materi sebanyak 94% yang artinya menunjukkan kategori “Sangat Valid”, 3 validator ahli bahasa sebanyak 93% yang artinya menunjukkan kategori “Sangat Valid” dan 3 validator ahli media sebanyak 83% yang artinya menunjukkan kategori “Sangat Valid”. Serta berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji keterbacaan siswa sebanyak 82% dengan kategori “Sangat Baik” dan uji keterbacaan guru 94% dengan kategori “Sangat Baik”.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
| Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan > Skripsi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
| Depositing User: | Tomi Trisnawan |
| Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:02 |
| Last Modified: | 23 Oct 2024 08:02 |
| URI: | https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/716 |
