PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Larasati, Aprilia Putri (2024) PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of SKRIPSI APRILIA PUTRI PPKN UTUH.pdf] Text
SKRIPSI APRILIA PUTRI PPKN UTUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of COVER APRILIA PUTRI PPKN.pdf] Text
COVER APRILIA PUTRI PPKN.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of ABSTRAK APRILIA PUTRI PPKN new.pdf] Text
ABSTRAK APRILIA PUTRI PPKN new.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI APRILIA PUTRI PPKN.pdf] Text
DAFTAR ISI APRILIA PUTRI PPKN.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB I APRILIA PUTRI PPKN.pdf] Text
BAB I APRILIA PUTRI PPKN.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of BAB II APRILIA PUTRI PPKN.pdf] Text
BAB II APRILIA PUTRI PPKN.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of BAB III APRILIA PUTRI PPKN.pdf] Text
BAB III APRILIA PUTRI PPKN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[thumbnail of BAB IV APRILIA PUTRI PPKN.pdf] Text
BAB IV APRILIA PUTRI PPKN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V APRILIA PUTRI PPKN.pdf] Text
BAB V APRILIA PUTRI PPKN.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of LAMPIRAN APRILIA PUTRI PPKN.pdf] Text
LAMPIRAN APRILIA PUTRI PPKN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X. Salah satu perbedaan minat belajar siswa dapat terlihat dari menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan dua metode penelitian. Metode yang pertama yaitu deskriptif kualitatif, dimana metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menjabarkan proses pembelajaran berdiferensiasi menggunakan modul ajar dan lembar keterlaksanaan pembelajaran serta metode ke dua yaitu metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Jenis penelitian ini adalah eksperimental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas X dan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas X. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kelas X-TSM 2 sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran biasa dan kelas X-TSM 4 sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran berdiferensiasi.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket minat belajar, dan dokumentasi dengan teknik pengolahan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample T-test. Dapat dilihat melalui uji Independent Sample T-test yang menunjukkan jawaban responden angket minat kelas kontrol adalah 54,17 sedangkan jawaban responden angket minat kelas eksperimen adalah 67,45 nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001< 0,05 pada uji hipotesis terdapat perbedaan dari minat belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Hasil dari hipotesis menyatakan bahwa thitung 13.345 > ttabel 1.990 karena thitung lebih besar dari ttabel sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada minat belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi di SMK Islam 1 Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan > Skripsi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Aprilia Putri Larasati
Date Deposited: 10 Oct 2024 05:44
Last Modified: 10 Oct 2024 05:44
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item
View Item