Rohmah, Mangzilatur (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.
COVER.pdf
Download (416kB) | Preview
ABSTRAK.pdf
Download (159kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf
Download (158kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (175kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (147kB) | Preview
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (351kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (233kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (229kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Download (9MB) | Preview
SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
CEK PLAGIARISME, TURNITIN.pdf
Download (10MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis problem based learning yang layak dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D) dengan desain pengembangan Sugiyono yang dibatasi sampai tahap 7. Subjek uji coba produk yaitu 21 siswa kelas XI G SMAN 4 Kota Blitar dan 1 guru Biologi di SMAN 4 Kota Blitar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket validasi ahli, dan angket keterbacaan siswa dan guru. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan e-modul berbasis problem based learning layak dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi perubahan lingkungan yang ditunjukkan dengan 1) kelayakan produk yang terdiri atas validasi materi sebesar 87,85%, validasi bahasa sebesar 85%, dan validasi pembelajaran sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak 2) kepraktisan produk dengan uji keterbacaan siswa sebesar 93,69% dan uji keterbacaan guru sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan adanya e-modul berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan menjadi bahan ajar yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran, mempermudah guru dalam menyampaikan materi perubahan lingkungan, membangkitkan antusias dan kemandirian siswa dalam pembelajaran, serta menumbuhkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi |
| Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi > Skripsi Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mangzilatur Rohmah |
| Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:00 |
| Last Modified: | 15 Nov 2024 02:00 |
| URI: | https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/834 |
