PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PODCAST WARUNG KOPI PADA KANAL YOUTUBE HAS CREATIVE (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020-2021 Universitas Islam Balitar)

Mentari, Gesela Sri (2024) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PODCAST WARUNG KOPI PADA KANAL YOUTUBE HAS CREATIVE (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020-2021 Universitas Islam Balitar). Other thesis, Universitas Islam Balitar Blitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf] Text
SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi dalam media baru sangat pesat. Salah satu bentuk media baru saat ini adalah tayangan podcast YouTube. Podcast Warung Kopi di kanal YouTube HAS Creative merupakan salah satu konten podcast yang digemari anak muda. Konten dari Podcast Warung Kopi dominan menyajikan topik pembahasan yang mengedukasi dan memotivasi penontonnya, serta dalam perbincangan pembawa acara bersama narasumber juga diselingi celetukan candaan yang menghibur. Dengan topik pembahasan yang seperti itu, ternyata menimbulkan persepsi positif dan negatif bagi audiens yang melihatnya. Peneliti melakukan penelitian lebih dalam untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2020-2021 Universitas Islam Balitar terkait konten Podcast Warung Kopi ini.
Penelitian ini di dilakukan di Universitas Islam Balitar pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Tempat ini berlokasi di di Jalan Majapahit no. 2- 4, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengumpulan informan. Pengumpulan data menggunakan Teknik : Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Individual Differences.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang Podcast Warung Kopi pada Kanal YouTube HAS Creative mendapat persepsi positif dan negatif. Praz Teguh selaku pembawa acara dinilai sangat pintar mencairkan suasana dan bersikap humoris. Namun Praz dinilai kerap kali menggunakan bahasa kasar dalam komunikasinya. Narasumber yang diundang sangat bervariasi serta narasumber yang diundang dinilai menginspirasi dan memotivasi, namun ada narasumber dianggap tidak berprestasi dan pembicaraan yang dibahas tidak begitu penting. Tema dan materi dinilai mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan juga mengandung banyak informasi yang menarik, namun Praz dinilai beberapa kali mengangkat tema dan materi yang tidak begitu penting. Judul video dinilai menarik dan membuat penasaran, namun mendapat persepsi negatif karena dinilai berlebihan dan sering menggunakan bahasa kasa. Persepsi terhadap thumbnail video dinilai menarik dan membuat penasaran, namun juga dinilai beberapa kali menggunakan kata kasar dan juga dinilai berlebihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi > Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Gesela Sri Mentari
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:51
Last Modified: 31 Oct 2024 03:51
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item
View Item