PENERAPAN AISAS MODEL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DESA DIGITAL PADA DESA WISATA SERANG KABUPATEN BLITAR

Meifilina, Andiwi PENERAPAN AISAS MODEL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DESA DIGITAL PADA DESA WISATA SERANG KABUPATEN BLITAR. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1 (4). pp. 74-87. ISSN 2828-6863

[thumbnail of PENERAPAN AISAS MODEL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DESA DIGITAL PADA DESA WISATA SERANG KABUPATEN BLITAR.pdf] Text
PENERAPAN AISAS MODEL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DESA DIGITAL PADA DESA WISATA SERANG KABUPATEN BLITAR.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of HASIL PENILAIAN PEER REVIEW Penerapan AISAS Model dalam Komunikasi Pemasaran Desa Digital Pada Desa Wisata Serang Kabupaten Blitar.pdf] Text
HASIL PENILAIAN PEER REVIEW Penerapan AISAS Model dalam Komunikasi Pemasaran Desa Digital Pada Desa Wisata Serang Kabupaten Blitar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI PENERAPAN AISAS MODEL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DESA DIGITAL PADA DESA WISATA SERANG KABUPATEN BLITAR.pdf] Text
CEK PLAGIASI PENERAPAN AISAS MODEL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DESA DIGITAL PADA DESA WISATA SERANG KABUPATEN BLITAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peran komunikasi pemasaran semakin penting dalam pengembangan sektor pariwisata.
Penggunaan media digital dalam kegiatan promosi pariwisata terus berkembang sejalan dengan
meningkatnya pengguna media digital di Indonesia. Terkait dengan komunikasi pemasaran di bidang
wisata perlu juga diperhatikan implikasi yang ditimbulkan baik pada calon wisatawan maupun masyarakat
di sekitar tujuan wisata di Desa Wisata Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Penggunaan
media digital memerlukan beberapa kondisi dan juga melahirkan implikasi yang harus diperhatikan setiap
pengeolahan pesannya karena dapat memberikan dampak kepada penerima pesan yaitu para pelaku
wisata Desa Serang Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menjelaskan
penerapan dan mendeskripsikan dampak AISAS Model dalam komunikasi Pemasaran Desa Digital. Dalam
penelitian ini penelti menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan AISAS Model dalam komunikasi pemasaran desa
digital meliputi: 1. Attention (perhatian pengunjung, pengetahuan tentang desa wisata melalui media,
kesadaran terhadap desa wisata, perhatian pengunjung mengenai produk desa wisata, perhatian
pengunjung melalui layanan). 2. Interest (alasan ketertarikan desa wisata melalui media). 3. Search
(pencarian informasi melalui media, pengetahuan mengenai lokasi dan harga). 4. Action (keputusan
berkunjung berdasarkan informasi, keputusan berkunjung terkait harga, jarak, fasilitas, tindakan terkait
atraksi wisata). 5. Share (teman sebagai wisatawan dan sharing pengalaman, woth of Mouth dan
pengalaman berkunjung, media sosial sebagai sarana membagikan cerita. Dampak penerapan AISAS
Model dalam komunikasi pemasaran desa digital terutama pada fase search, action dan share dimana para
wisatawan sangat berperan aktif melalui media sosial berupa facebook dan Instagram.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andiwi Meifilina
Date Deposited: 12 Feb 2024 09:01
Last Modified: 12 Feb 2024 09:01
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item
View Item