EVALUASI JEMBATAN RANGKA BAJA SOEKARNO HATTA DITINJAU DARI GELAGAR INDUK, DIAFRAGMA, LANTAI JEMBATAN MENGGUNAKAN APLIKASI STAAD PRO

nurjanah, nurjanah and Rahayu, Febriyanti (2023) EVALUASI JEMBATAN RANGKA BAJA SOEKARNO HATTA DITINJAU DARI GELAGAR INDUK, DIAFRAGMA, LANTAI JEMBATAN MENGGUNAKAN APLIKASI STAAD PRO. jurnal Qua Tenika, 13 (01): 3. pp. 26-33. ISSN 2527-3892

[thumbnail of 5. Evaluasi Jembatan.pdf] Text
5. Evaluasi Jembatan.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 5. Cek Plagiasi evaluasi jembatan 1.pdf] Text
5. Cek Plagiasi evaluasi jembatan 1.pdf

Download (731kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jembatan merupakan suatu konstruksi yang gunanya
untuk meneruskan jalan melalui suatu rintangan yang berada lebih rendah. Untuk itu pengadaan
prasarana transportasi khususnya jembatan harus mendapat perhatian khusus dari para pelaku
pekerja konstruksi. Berdasarkan batas layan perlu dievaluasi untuk mengetahui tingkat batas layan
Jembatan Soekarno-Hatta deformasi permanen dari komponen struktur jembatan, menimbulkan
instabilitas struktural, bahaya permanen termasuk korosi dan fatik yang mengurangi kekuatan
struktur dan umur layan jembatan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini,
yaitu Mengetahui nilai dari gelagar induk, diafragma, serta plat lantai,dan, mengetahui hasil dari
perencanaan ulangan struktur atas pada jembatan. dengan menggunakan STAAD PRO. Dengan
memperhitungkan perencanaan ulang struktur atas jembatan rangka baja berdasarkan pembebanan
SNI 1725:2016. Hasil penelitian dengan memakai aplikasi STAAD Pro sebesar 15,5 cm. Pada
jurnal, jembatan Soekarno-Hatta Kota Malang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas pada
perkembangannya hingga saat ini jembatan tersebut telah mengalami perkuatan karena mengalami
kelelahan struktur dan hampir memasuki usia fatik sebuah jembatan. Perencanaan Penulangan
menggunakan D10 – 250 mm dengan AS 314,2. Dimensi Profil WF Gelagar Memanjang profil
WF 450.200.8.12. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa Gelagar Induk menggunakan profil
WF 450 x 200 x 8 x 12 Untuk diafragma profil wf 800 x 300 x 16 x 30. Dan Perencanaan plat
lantai digunakan Ø 10 – 250 mm Dalam perencanaan jembatan pada aplikasi STAAD PRO
langkah yang digunakan adalah dengan menghitung plat lantai kendaraan, balok memanjang,
balok melintang, perhitungan sambungan balok memanjang dan melintang dst

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Sipil
Divisions: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Sipil
Depositing User: Nurjanah Nurjanah
Date Deposited: 13 May 2024 03:22
Last Modified: 13 May 2024 03:22
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item
View Item