PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA: STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BLITAR

Supriyono, Supriyono (2018) PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA: STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BLITAR. KONSTRUKTIVISME, 10 (1). pp. 130-143. ISSN 1979-9438 (Print) 2442-2355 (Online)

[thumbnail of CEK TURNITIN PENGORGANISASIAN  SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM  PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.pdf.pdf] Text
CEK TURNITIN PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of 2 PENGORGANISASIAN  SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM  PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.pdf] Text
2 PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Riset ini mengungkapkan pengorganisasian supervisi pembelajaranberbasis tim partisipatif di tiga sekolah menengah pertama di Blitar, Jawa Timur, Indonesia, Riset ini menggunakan studi multisitus dengan rancangan analisis interaktif dan induksi ubahan. Data dikumpulkan dengan cara interview, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan mengecek derajad kredibilitas, ketergantungan, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Riset ini menemukan adanya supevisi pembelajaran dilakukan oleh pengawas dari dinas pendidikan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru senior dalam mana tanggung jawab dan tanggung gugat dalam supervisi berada pada kepala sekolah. Riset ini berkesimpulan bahwa:(1) berdasarkan peran supervisor dimana kepela sekolah sebagai penanggung jawab supervisi dan dibantu oleh pengawas sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru senior, pengorganisasian supervisi ini dapat meningkatkan hasil supervisi, kompetensi guru, dan kinerja guru, dan (2) berdasarkan alur kerjanya baik pada perencanaan maupun pelaksanaan, pengorganisasian supervisi ini dapat meingkatkan hasil supervisi, kompetensi guru, dan kinerja guru, mengembangkan kemampuan kepemimpinan, ketrampilan administratif, dan memecahkan masalah pembelajaran. Disarankan bahwa riset ini ditindak lanjuti dengan Riset dan Pengenbangan untuk menciptakan model yang kuat yang bisa digunakan secara publik.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Supriyono Supriyono
Date Deposited: 05 Mar 2025 08:11
Last Modified: 05 Mar 2025 08:11
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/1011

Actions (login required)

View Item
View Item