Supriyono, Supriyono (2018) PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA: STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BLITAR. KONSTRUKTIVISME, 10 (1). pp. 130-143. ISSN 1979-9438 (Print) 2442-2355 (Online)
CEK TURNITIN PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
2 PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Riset ini mengungkapkan pengorganisasian supervisi pembelajaranberbasis tim partisipatif di tiga sekolah menengah pertama di Blitar, Jawa Timur, Indonesia, Riset ini menggunakan studi multisitus dengan rancangan analisis interaktif dan induksi ubahan. Data dikumpulkan dengan cara interview, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan mengecek derajad kredibilitas, ketergantungan, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Riset ini menemukan adanya supevisi pembelajaran dilakukan oleh pengawas dari dinas pendidikan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru senior dalam mana tanggung jawab dan tanggung gugat dalam supervisi berada pada kepala sekolah. Riset ini berkesimpulan bahwa:(1) berdasarkan peran supervisor dimana kepela sekolah sebagai penanggung jawab supervisi dan dibantu oleh pengawas sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru senior, pengorganisasian supervisi ini dapat meningkatkan hasil supervisi, kompetensi guru, dan kinerja guru, dan (2) berdasarkan alur kerjanya baik pada perencanaan maupun pelaksanaan, pengorganisasian supervisi ini dapat meingkatkan hasil supervisi, kompetensi guru, dan kinerja guru, mengembangkan kemampuan kepemimpinan, ketrampilan administratif, dan memecahkan masalah pembelajaran. Disarankan bahwa riset ini ditindak lanjuti dengan Riset dan Pengenbangan untuk menciptakan model yang kuat yang bisa digunakan secara publik.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Supriyono Supriyono |
| Date Deposited: | 05 Mar 2025 08:11 |
| Last Modified: | 05 Mar 2025 08:11 |
| URI: | https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/1011 |
