“CONFUSE EFFECT” DAN “WOW EFFECT”: STRATEGI BRANDING WISATA EDUKASI KAMPUNG COKLAT

Siswati, Endah and Andari, Bina (2019) “CONFUSE EFFECT” DAN “WOW EFFECT”: STRATEGI BRANDING WISATA EDUKASI KAMPUNG COKLAT. Widya Komunika, 9 (1). pp. 48-67.

[thumbnail of Jurnal Widya Komunika Vol 9 Nomor 2019 - Branding Kampung Coklat.pdf] Text
Jurnal Widya Komunika Vol 9 Nomor 2019 - Branding Kampung Coklat.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of (Turnitin) Jurnal Widya Komunika Vol 9 No 1 Branding Kampung Coklat.pdf] Text
(Turnitin) Jurnal Widya Komunika Vol 9 No 1 Branding Kampung Coklat.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di tengah bertumbuhnya desa-desa wisata di Indonesia, Kampung Coklat menjadi salah satu
wahana wisata yang jejak pertumbuhan dan perkembangannya menyita perhatian. Dalam kurun
waktu tidak lebih dari lima tahun Kampung Coklat mampu mengembangkan dan memperluas
bisnis wisatanya dan mempertahankan serta meningkatkan secara terus menerus jumlah
pengunjung. Pertumbuhan dan perkembangan Kampung Coklat juga membawa dampak yang
sangat signifikan bagi kemajuan lingkungan dan daerah, baik secara sosial maupun ekonomi.
Dalam berbagai kasus, keberhasilan pemasaran sebuah wahana atau destinasi wisata berkaitan erat
dengan upaya branding yang dilakukan. Penelitian ini bermaksud mendalami strategi branding
yang dilakukan oleh Kampung Coklat yang mengkategorikan dirinya sebagai wisata edukasi.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan diri peneliti sendiri sebagai
instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen, pengamatan di lapangan,
dan wawancara mendalam dengan personil kunci Kampung Coklat sebagai narasumber. Data
primer dan sekunder yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik analisa
data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Penelitian ini menemukan bahwa
selain rancangan unsur-unsur merek (brand), differentiation dan brand positioning, konsep
“confuse effect” dan “wow effect” menjadi strategi branding yang sangat menentukan
keberhasilan Wisata Edukasi Kampung Coklat.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.P.M.SW Endah Siswati
Date Deposited: 10 May 2024 07:01
Last Modified: 10 May 2024 07:01
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item
View Item