Peningkatan Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Menuju A Real Nursery Business

Puspitorini, Palupi and Sunandes, Aris (2023) Peningkatan Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Menuju A Real Nursery Business. IPTEKS, 9 (2): 6. pp. 156-163. ISSN 2527-5216

[thumbnail of 2. PKM-Peningkatan Pemberdayaan A real Nursery Business.pdf] Text
2. PKM-Peningkatan Pemberdayaan A real Nursery Business.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of turnitin peningkatan pemberdayaan  A REAL NURSERY BUSINESS.pdf] Text
turnitin peningkatan pemberdayaan A REAL NURSERY BUSINESS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mitra pengabdian ini adalah Kelompok Wanita Tani Tunas Berkah yang bergerak di bidang pembibitan tanaman sayuran yang berdomisili di RW 04 Desa Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Tujuan Pengabdian: (1) membentuk mitra menjadi lebih produktif dan memiliki jiwa dan nilai kewirausahaan yang tinggi (2) meningkatkan pengalaman mahasiswa belajar di luar kampus sebagai salah satu implementasi MBKM. Pelaksanaan kegiatan meliputi: (1) perencanaan program, (2) Persiapan administrasi dan koordinasi tim, (3) Pendampingan secara berkelanjutan sejak pra produksi sampai pasca produksi, (4) Evaluasi Kegiatan (5) Pengendalian. Hasil Kegiatan yang dicapai adalah (1) Mengatasi permasalahan produksi bibit, (2) Mengatasi permasalahan manajemen usaha dan sumberdaya manusia, (3) Mengatasi permasalahan pemasaran bibit. Peningkatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pada Kebun Bibit (Nursery) milik Kelompok Wanita Tani Tunas Berkah dalam kapasitas KB berorientasi sosial menjadi berorientasi Bisnis telah berhasil dilakukan dengan menerapkan solusi pada aspek produksi, menejemen usaha dan sdm serta pemasaran (marketing). Aspek produksi dicapai dengan menerapkan beberapa inovasi yaitu Inovasi media tanam, handling bibit, maintenance bibit dan packaging (pengemasan bibit). Permasalahan pada manajemen usaha dan SDM dicapai solusinya dengan peeningkatan kemandirian usaha, pengelolaan SDM dan kolaborasi dengan pihak terkait. Sedangkan peningkatan pemberdayaan marketing dicapai dengan pemasaran digital.
Kata Kunci: Nursery bisnis, peningkatan pemberdayaan, digital marketing, tunas berkah, produksi bibit

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS PERTANIAN > Agroteknologi
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN > Agroteknologi
Depositing User: Palupi Puspitorini
Date Deposited: 07 May 2024 05:28
Last Modified: 07 May 2024 05:28
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item
View Item