PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEN INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 GARUM

Ruti, Irine Naomia (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEN INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 GARUM. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of LAMPIRANdocx.pdf] Text
LAMPIRANdocx.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LENGKAP.pdf] Text
SKRIPSI FULL LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Era digital telah mengubah cara pandang masyarakat, termasuk dalam dunia pendidikan, dengan hadirnya platform media sosial seperti Instagram (IG) yang menawarkan potensi baru dalam proses pembelajaran. Penggunaan Instagram dalam kegiatan belajar dapat menciptakan lingkungan yang menarik dan interaktif, meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Minat belajar adalah ketertarikan spontan terhadap suatu subjek atau kegiatan, ditandai dengan rasa ingin tahu dan semangat. Kurangnya antusiasme belajar dapat menurunkan kapasitas berpikir kritis siswa, yaitu kemampuan berpikir logis dan tajam tentang informasi yang diperoleh. Instagram dianggap sebagai alat yang dapat merangsang minat belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis konten Instagram terhadap minat belajar siswa, (2) bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis konten Instagram terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan (3) bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis konten Instagram terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Negeri 1 Garum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran berbasis konten Instagram terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Negeri 1 Garum tahun ajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Designs. Instrumen pengumpulan data berupa angket/kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Garum tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel kelas XI-F 1 dan XI-F 4. Analisis data menggunakan uji T-Test dan uji MANOVA untuk mengetahui hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Instagram terhadap minat belajar di kelas XI SMA Negeri 1 Garum dengan nilai signifikan 0,000, (2) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran dengan menggunakan media Instagram terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas XI SMA Negeri 1 Garum dengan nilai signifikan 0,002, dan (3) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis konten Instagram terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Garum yang dapat dibuktikan melalui uji Multivariate dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan > Skripsi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: IRINE NAOMIA RUTI
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:05
Last Modified: 17 Oct 2024 02:05
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item
View Item