Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris tentang Kehidupan Soekarno di Hoogere Burgerschool melalui Aplikasi Memrise

Suyitno, Suyitno (2023) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris tentang Kehidupan Soekarno di Hoogere Burgerschool melalui Aplikasi Memrise. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 4 (2). pp. 104-113. ISSN 2745-9438

[thumbnail of Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris tentang Kehidupan.pdf] Text
Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris tentang Kehidupan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Turnitin 10 %_ Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris.pdf] Text
Turnitin 10 %_ Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengabdian masyarakat yang diprakasai oleh Perpustakaan Bung Karno, Blitar pada bulan November 2022, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan generasi muda Kota Blitar dalam memahami kehidupan Soekarno dalam Bahasa Inggris melalui aplikasi Memrise. Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta dari sebuah perguruan tinggi di Blitar. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 1) mengadakan pre-test, 2) implementasi pengajaran kosakata terkait kehidupan Soekarno di Hoogere Burgerschool (HBS) dengan Memrise, dan 3) melakukan post-test. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan terhadap penguasaan vocabulary peserta dari 45% pada pre-test menjadi 77% pada post-test.Dari hasil tersebut, penulis merekomendasikan agar pengajar meamanfaatkan teknologi, seperti aplikasi Memrise untuk mendukung pembelajaran bahasa dan sejarah khususnya kosakata. Keberhasilan pengabdian masyarakat ini juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara lembaga pendidikan dan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman sejarah nasional dan kemampuan berbahasa Inggris di tingkat lokal.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Suyitno Suyitno
Date Deposited: 13 Feb 2024 05:12
Last Modified: 13 Feb 2024 05:12
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item
View Item