PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA

Pramesti, Ajeng Ayu (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of COVER SKRIPSI AJENG AYU PRAMESTI.pdf] Text
COVER SKRIPSI AJENG AYU PRAMESTI.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI.docx] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI AJENG AYU PRAMESTI.pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI AJENG AYU PRAMESTI.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of BAB 1 AJENG AYU PRAMESTI.pdf] Text
BAB 1 AJENG AYU PRAMESTI.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of BAB 2 AJENG AYU PRAMESTI.pdf] Text
BAB 2 AJENG AYU PRAMESTI.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of BAB 3 AJENG AYU PRAMESTI.pdf] Text
BAB 3 AJENG AYU PRAMESTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4 AJENG AYU PRAMESTI.pdf] Text
BAB 4 AJENG AYU PRAMESTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5 AJENG AYU PRAMESTI.pdf] Text
BAB 5 AJENG AYU PRAMESTI.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AJENG AYU PRAMESTI.pdf] Text
SKRIPSI FULL AJENG AYU PRAMESTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL AJENG AYU PRAMESTI.pdf] Text
JURNAL AJENG AYU PRAMESTI.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI.pdf] Text
CEK PLAGIASI.pdf

Download (232kB)

Abstract

Sistem pendidikan menghadapi tantangan besar dalam menyiapkan SDM berkualitas di era global, dan bahan ajar inovatif, seperti e-modul berbasis inkuiri terbimbing, dapat menjadi solusi efektif. Mengingat kebutuhan akan bahan ajar yang menarik dan kontekstual, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan keterlibatan dan efektivitas pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan e-modul berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ekosistem kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D, dengan menerapkan model pengembangan Sugiyono yang dibatasi hanya sampai pada 6 tahapan. Penelitian ini mengambil hasil validitas dari enam validator yaitu dua bahasa, dua validator materi dan dua validator media.
Penilaian hasil validitas diinterpretasikan dengan skala Likert. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil penelitian oleh validator memperoleh presentase sebesar 86% atas ahli materi berkategori sangat layak. Lalu pada ahli bahasa 93,33% berkategori sangat layak. Sedangkan dari ahli media 94,54 berkategorikan sangat layak. Pada hasil uji keptraktisan dengan uji coba mengerjakan lembar kerja yang terdapat pada e-modul oleh siswa kelas XI SMAN 4 Blitar yang terdiri dari 6 siswa memperoleh hasil rata-rata soal nomor 1
yaitu 80%, soal nomor 2 sebanyak 66,6% soal nomor 3 sebanyak 83,3% soal nomor 4 sebanyak 80% dengan hasil nilai rata- rata keseluruhan 77,25% hasil perolehan nilai rata-rata keseluruhan kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 4 Blitar tergolong tinggi. Pada hasil uji kepraktisan siswa kelas XI sebanyak 6 siswa hasil angket bahan ajar e- modul dinilai sangat layak diaplikasikan untuk menunjang pembelajaran dengan perolehan sejumlah 95,4% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi > Skripsi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ajeng Ayu Pramesti
Date Deposited: 15 Nov 2024 01:58
Last Modified: 15 Nov 2024 01:58
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item
View Item