PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA

Rohmah, Mangzilatur (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf] Text
SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of CEK PLAGIARISME, TURNITIN.pdf] Text
CEK PLAGIARISME, TURNITIN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis problem based learning yang layak dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D) dengan desain pengembangan Sugiyono yang dibatasi sampai tahap 7. Subjek uji coba produk yaitu 21 siswa kelas XI G SMAN 4 Kota Blitar dan 1 guru Biologi di SMAN 4 Kota Blitar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket validasi ahli, dan angket keterbacaan siswa dan guru. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan e-modul berbasis problem based learning layak dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi perubahan lingkungan yang ditunjukkan dengan 1) kelayakan produk yang terdiri atas validasi materi sebesar 87,85%, validasi bahasa sebesar 85%, dan validasi pembelajaran sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak 2) kepraktisan produk dengan uji keterbacaan siswa sebesar 93,69% dan uji keterbacaan guru sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan adanya e-modul berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan menjadi bahan ajar yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran, mempermudah guru dalam menyampaikan materi perubahan lingkungan, membangkitkan antusias dan kemandirian siswa dalam pembelajaran, serta menumbuhkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi > Skripsi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mangzilatur Rohmah
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:00
Last Modified: 15 Nov 2024 02:00
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item
View Item