PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ( BU TAR ) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 SD

Setiawan, M Hendi (2024) PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ( BU TAR ) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 SD. Other thesis, Universitas Islam Balitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf] Text
SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Buku Pintar (BUTAR) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV Sekolah Dasar, dengan fokus pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) mengacu pada model Sugiyono, yang meliputi tujuh tahap: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media BUTAR telah melalui proses validasi oleh ahli materi, bahasa, dan media, dengan persentase kelayakan 86,6%, 79%, dan 91,3% berturut-turut, yang mengindikasikan bahwa media ini sangat layak digunakan. Selain itu, uji keterbacaan yang melibatkan siswa dan guru menunjukkan nilai 93,7% dan 88,2%, yang keduanya juga dikategorikan sangat layak. Pengembangan media ini diharapkan dapat menarik perhatian siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi IPA, serta membantu guru dalam proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Guru Sekolah Dasar > Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: M. Hendi Setiawan
Date Deposited: 18 Oct 2024 07:07
Last Modified: 18 Oct 2024 07:07
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item
View Item