PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MATERI EKOSISTEM DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DENGAN BANTUAN GOOGLE FORMULIR

Lorensa, Mamtha Sheila (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MATERI EKOSISTEM DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DENGAN BANTUAN GOOGLE FORMULIR. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf] Text
SKRIPSI FULL HALAMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan mengetahui hasil uji coba dari pengembangan instrumen tes materi ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis HOTS dengan bantuan google formulir. Penelitian ini menggunakan model R&D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan tipe formative research (Tesmer 1993). Prosedur penelitian pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan yaitu: Self Evaluation, Prototyping (validasi, evaluasi, dan revisi), dan Field Test (uji lapangan). Subjek uji coba produk yaitu 31 siswa kelas X SMAN 4 Blitar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket validasi ahli dan hasil pengerjaan instrumen tes oleh siswa. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa instrumen tersebut layak untuk digunakan karena dinilai sudah efisien dan akurat untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa karena sudah memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan kualitas pengecoh suatu instrumen tes yang baik. Hasil uji coba (field test) diketahui bahwa instrumen tes tersebut sudah berfungsi dengan baik dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan taksonomi bloom (C4, C5, dan C6). Implikasi penelitian ini diharapkan dengan adanya instrumen tes materi ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis HOTS dengan bantuan google formulir dapat memfasilitasi guru dalam mempermudah dan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi > Skripsi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mamtha Sheila Lorensa
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:06
Last Modified: 17 Oct 2024 02:06
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item
View Item