ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA X TERHADAP PEMASANGAN ALAT PERAGA KAMPANYE (APK) PEMILU 2024 MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Jadmiko, Adhi (2024) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA X TERHADAP PEMASANGAN ALAT PERAGA KAMPANYE (APK) PEMILU 2024 MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. Other thesis, Universitas Islam Balitar, Blitar.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of FINAL SKRIPSI.pdf] Text
FINAL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan umum tahun 2024 di Indonesia merupakan suatu agenda politik sebagai pemilihan calon kepemimpinan selanjutnya. Pemilihan calon presiden atau wakil presiden serta calon legislatif lainnya tentunya memakai alat peraga kampanye sebagai bentuk komunikasi dalam mengenalkan visi, misi, serta citra para calon pemimpin. Pada pemasangan APK tersebut menimbulkan berbagai sentimen masyarakat yang dituangkan pada tweets di platform X (eks Twitter). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sentimen pengguna X terhadap pemasangan alat peraga kampanye pada pemilu 2024 yang dikategorikan menjadi sentimen yang berbeda, seperti positif, negatif, atau netral.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif yang berfokus pada algoritma Naive Bayes. Hal ini dipilih karena kehandalannya dalam klasifikasi teks pendek seperti tweets, serta kemampuannya dalam menangani analisis sentimen. Sumber data yang digunakan melalui crawling dari media sosial X berupa teks atau komentar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung terhadap topik permasalahan yaitu mencari hashtag #alatperagakampanye dan #apkpemilu2024. Alat bantu yang digunakan saat crawling berupa software Google Colab dan bahasa pemrograman yang digunakan python. Data hasil crawling dari media sosial X berjumlah 2240 data.
Hasil penelitian pada sentimen terhadap pemasangan APK pada pemilu 2024 pada proses labeling data menggunakan kamus Lexicon Based yang telah melewati tahap text preprocessing menunjukkan hasil sentimen positif sebesar 36,3%, hasil sentimen negatif sebesar 51,2 %, dan hasil sentimen netral hanya sebesar 12,3%. Selanjutnya proses pembobotan kata dengan TF-IDF serta tahap akhir dilakukan klasifikasi dengan algoritma naïve bayes yang menghasilkan nilai akurasi model sebesar 58% dari ketiga kategori tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki respon buruk terhadap pemasangan APK pada pemilu 2024. Penelitian ini dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan terkait dengan APK serta dapat membantu dalam menyusun strategi komunikasi politik yang lebih efektif.
Kata Kunci : Analisis Sentimen, Naïve Bayes, Alat Peraga Kampanye, Pemilu Indonesia 2024

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI > Teknik Informatika
Depositing User: Adhi Jadmiko
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:47
Last Modified: 17 Sep 2024 02:47
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item
View Item