-, Zaenal (2024) SEGMENTASI KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DAN ANALISIS RFM GUNA MENGETAHUI KARAKTERISTIK KONSUMEN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM BALITAR, BLITAR.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (7kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (266kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (267kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (28kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 6.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 6.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Download (367kB)
![[thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unisbablitar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan segmentasi konsumen pada Toko MDA Collection menggunakan algoritma K-Means Clustering dan analisis RFM (Recency, Frequency, Monetary), dengan tujuan untuk memahami karakteristik pembelian konsumen dan mendukung pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif pada toko MDA Collection. Pada penelitian menunjukkan bahwa algoritma K-Means berhasil mengelompokkan konsumen MDA Collection menjadi segmen-segmen yang homogen berdasarkan data pembelian mereka. Analisis karakteristik dari setiap segmen membantu dalam memahami preferensi dan kebiasaan pembelian konsumen. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik konsumen, Toko MDA Collection dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk mempertahankan loyalitas dan retensi konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat 4 segmen konsumen dengan masing-masing karakteristik yang berbeda. Segmen 1 terdapat 24 konsumen yang masuk dalam profil konsumen loyal, segmen 2 terdapat 126 konsumen yang masuk dalam profil konsumen kurang loyal, segmen 3 terdapat 83 konsumen yang masuk dalam profil konsumen kurang loyal, dan segmen 4 terdapat 115 konsumen yang masuk dalam profil konsumen potensial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI > Teknik Informatika |
Divisions: | FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI > Teknik Informatika > Skripsi Teknik Informatika |
Depositing User: | Zaenal |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:46 |
URI: | https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/349 |