SEGMENTASI KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DAN ANALISIS RFM GUNA MENGETAHUI KARAKTERISTIK KONSUMEN

-, Zaenal (2024) SEGMENTASI KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DAN ANALISIS RFM GUNA MENGETAHUI KARAKTERISTIK KONSUMEN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM BALITAR, BLITAR.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan segmentasi konsumen pada Toko MDA Collection menggunakan algoritma K-Means Clustering dan analisis RFM (Recency, Frequency, Monetary), dengan tujuan untuk memahami karakteristik pembelian konsumen dan mendukung pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif pada toko MDA Collection. Pada penelitian menunjukkan bahwa algoritma K-Means berhasil mengelompokkan konsumen MDA Collection menjadi segmen-segmen yang homogen berdasarkan data pembelian mereka. Analisis karakteristik dari setiap segmen membantu dalam memahami preferensi dan kebiasaan pembelian konsumen. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik konsumen, Toko MDA Collection dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk mempertahankan loyalitas dan retensi konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat 4 segmen konsumen dengan masing-masing karakteristik yang berbeda. Segmen 1 terdapat 24 konsumen yang masuk dalam profil konsumen loyal, segmen 2 terdapat 126 konsumen yang masuk dalam profil konsumen kurang loyal, segmen 3 terdapat 83 konsumen yang masuk dalam profil konsumen kurang loyal, dan segmen 4 terdapat 115 konsumen yang masuk dalam profil konsumen potensial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI > Teknik Informatika
Divisions: FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI > Teknik Informatika > Skripsi Teknik Informatika
Depositing User: Zaenal
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:46
Last Modified: 17 Sep 2024 02:46
URI: https://repository.unisbablitar.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item
View Item